Profile Jurusan Akuntansi

Jurusan Akuntansi, Politeknik Negeri Bali, sampai saat ini masih terfavorit bagi lulusan SMA maupun SMK. Harapan mereka, setelah menyelesaikan studi ingin menjadi tenaga profesional di bidang akuntansi dan berdaya saing global. Tidak bisa dipungkiri, karena aktivitas dalam suatu entitas terdapat kegiatan akuntansi dan ada dalam berbagai lini. Dalam menyiapkan tenaga profesional dan berdaya saing global.

Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Bali memiliki dua program studi :

  • Diploma III Akuntansi
  • Diploma IV Akuntansi manajemen

Lulusan program diploma III Akuntansi PNB bergelar Ahli Madya Akuntansi(A.Md.Ak) sedangkan lulusan program diploma IV Akuntansi Manajemen PNB bergelar Sarjana Sains Terapan Akuntansi (SST.Ak).

Keunggulan Jurusan Akuntansi

Kelebihan dalam menimba ilmu di Jurusan Akuntansi, Polikteknik Negeri Bali antara lain:

  1. Program Studi Akuntansi PNB dengan menyandang status Negeri dan terakreditasimemudahkan lulusannya untuk diterima bekerja di perusahaan swasta terkemuka, BUMN, maupun instansi pemerintah, dengan biaya pendidikan yang terjangkau;
  2. Tersedia beberapa jenis beasiswa seperti Supersemar, PPA, BBM, dan lain-lainnya serta tersedia berbagai kegiatan kemahasiswaan untuk mengasah soft skill mahasiswa;
  3. Didukung oleh dosen-dosen berkualifikasi S2 dan S3, baik lulusan luar negeri maupun dalam negeri yang memiliki kemampuan praktis dan teoretis serta didukung oleh sumber daya pendidikan lainnya yang representatif;
  4. Proses belajar mengajar sangat intensif dengan menerapkan kurikulum berbasis kompetensi dan pembelajaran dikemas dengan ”MEANING FULL LEARNING CONCEPT” serta tersedia Tempat Uji Kompetensi (TUK) Teknisi Akuntansi.

Visi dan Misi

DIPLOMA III AKUNTANSI

VISI

Menjadi Program Studi Penghasil Ahli Madya Akuntansi yang Profesional Berdaya Saing Internasional pada Tahun 2025.

MISI

  • Menyelenggarakan pendidikan/pengajaran pada tingkat ahli madya di bidang Akuntansi yang dilandasi dengan iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  • Menjadi pusat pelatihan di bidang akuntansi, pemeriksaaan akuntansi, perpajakan, dan manajemen sesuai dengan tuntutan dunia usaha dan dunia industri (DUDI).
  • Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat berbasis IPTEKS dengan melibatkan praktisi dan mahasiswa dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia di bidang akuntansi
  • Menyelenggarakan penelitian terapan di bidang akuntansi, pemeriksaan akuntansi, perpajakan, dan manajemen sesuai dengan perkembangan  ilmu pengetahuan dan teknologi.

TUJUAN

  1. Menghasilkan lulusan ahli madya Akuntansi profesional yang dilandasi dengan iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Menghasilkan sumber daya akuntansi yang kompeten, profesional, berkarakter, dan berjiwa wirausaha
  3. Menghasilkan penelitian terapan untuk menambah kompetensi dosen dan mahasiswa sesuai dengan perkembangan  ilmu pengetahuan dan teknologi.
  4. Menambah kompetensi masyarakat, dunia usaha dan dunia industri   pada bidang akuntansi melalui  pengembangan inovasi baru berbasis IPTEKS terapan.

SARJANA SAINS TERAPAN AKUNTANSI MANAJERIAL

VISI

Menjadi Program Studi Penghasil Sarjana Terapan Akuntansi yang Profesional Berdaya Saing Internasional pada Tahun 2025.

MISI

  • Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran pada tingkat sarjana terapan di bidang akuntansi manajerial yang dilandasi dengan iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  • Menyelenggarakan penelitian terapan di bidang akuntansi, perpajakan, dan investasi pasar modal, sesuai  dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK).
  • Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) dengan melibatkan praktisi, institusi terkait, dan mahasiswa dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia di bidang akuntansi.

TUJUAN

  1. Menghasilkan sarjana terapan di bidang akuntansi manajerial yang dilandasi dengan iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Menghasilkan sumber daya di bidang akuntansi,  perpajakan, dan investasi pasar modal yang kompeten, profesional, berkarakter, dan berjiwa wirausaha sesuai kebutuhan dunia usaha dan dunia industri (DUDI).
  3. Menghasilkan penelitian terapan di bidang akuntansi, perpajakan, dan investasi pasar modal, sesuai  dengan perkembangan ilmu pengetahuan teknologi (IPTEK).
  4. Menambah kompetensi masyarakat, dunia usaha dan dunia industri pada bidang akuntansi melalui  pengembangan inovasi baru berbasis ilmu pengetahuan teknologi (IPTEK).