Call us: 0361-701981 | E-mail: poltek@pnb.ac.id

pnb Terdepan, Profesional, Berdaya Saing Internasional

Dies 30 PNB - Seminar Nasional "Green Tourism Model"

Dalam rangka tiga dasa warsa Politeknik Negeri Bali (PNB) menggelar seminar nasional dengan tema "Green Tourism Model Menuju Pariwisata Berkelanjutan dan Berdaya Daing" pada hari Selasa, 15 Agustus 2017. Kegiatan ini dibuka oleh Direktur Pembelajaran DIKTI Dr. Ir. Paristiyanti Nurwandari, MP sekaligus beliau juga menjadi narasumber pada seminar nasional tersebut. Narasumber lainnya adalah I Putu Mertha Astawa, SE, MM yang merupakan Pembantu Direktur I PNB yang memaparkan model Green Tourism untuk CoT (Center of Technology) PNB. Beberapa narasumber lainnya yaitu Prof. Dr. Haffid Abbas dari Maxwell Consulting LTD, Mr. Jean Philippe De Haes dari Hilton Hotel Chain, dan Ir. Anak Agung Gde Raka Dalem, M.Sc (Hons) dari Yayasan Tri Hita Karana Bali. Ibu Direktur Pembelajaran sangat berharap akan CoT PNB melihat PNB sebagai kampus vokasi terdepan adalah yang pertama kali berhasil mengirimkan dua mahasiswanya menembus program ASEM (Asia Europe Meeting) Study/Courses on Credit Transfer and Learning Outcomes ke Eropa. 

Pada akhir seminar, tim perumus CoT PNB menyampaikan model Green Tourism yang telah disempurnakan sesuai dengan masukan selama seminar berlangsung. I Putu Mertha Astawa, SE, MM mewakili tim perumus menjelaskan bahwa Model Green Tourism CoT Politeknik Negeri Bali dilandaskan atas konsep Tri Hita Karana. CoT dari PNB adalah Green Tourism yaitu Local Value yang mengutamakan Balancing antara Green Ethic, Green Business dan Green Activities. Green Tourism Model PNB dapat memayungi seluruh program studi melalui Green Business dan Green Activities, serta memiliki uniqueness value yang disebut dengan Green Ethic. Green ethic sebagai entry poin pengembangan lembaga dalam mengembangkan soft skill.

I Gde Agus Jaya Sadguna, SSt.Par, M.Par selaku ketua Dies Natalis PNB ke-30 menyampaikan bahwa seminar nasional ini adalah serangkaian acara tiga dasa warsa PNB yang bertujuan sebagai bahan masukan dan penyempurnaan untuk Pusat Unggulan Teknologi (PUT) atau Center of Technology PNB. Informasi dari para pakar, praktisi dan akademisi akan sangat membantu penyempurnaan PUT untuk mewujudkan visi PNB. Seminar nasional menjadi salah satu acara penting karena memberikan wadah bagi penyempurnaan PUT di PNB. Nantinya PUT diharapkan menjadi destinasi bagi industri, lembaga pendidikan tinggi dan tentunya masyarakat dalam pelaksanaan Green Tourism.

Selain seminar nasional, saat ini yang sedang berlangsung adalah Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) dan Lomba Teknologi Inovatif (LTI) dengan tema "Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Seni untuk Pariwisata Hijau dan Berkelanjutan (IPTEKS for Green and Sustainable Tourism)" serta beberapa kegiatan lainnya yang secara lengkap dapat dilihat di halaman dies30PNB.

Tags: Politeknik Negeri Bali, PNB, Kampus Vokasi Terdepan, tiga dasa warsa, dies30PNB, green tourism

Go to top of page