Call us: 0361-701981 | E-mail: poltek@pnb.ac.id

pnb Terdepan, Profesional, Berdaya Saing Internasional

Program Magister Terapan Pariwisata Pertama Lahir di Politeknik Negeri Bali

Melalui perjuangan tidak kenal lelah sejak beberapa tahun terakhir dengan melewati perubahan-perubahan nomenklatur yang membutuhkan begitu banyak usaha dan kerja keras, Program Studi Perencanaan Pariwisata, Program Magister Terapan, Jurusan Pariwisata, Politeknik Negeri Bali (PNB) akhirnya berdiri setelah memeroleh Surat Keputusan Kemenristekdikti 1246/KPT/I/2018. Program studi ini merupakan program magister terapan pariwisata pertama di antara ratusan politeknik negeri dan swasta se-Indonesia dan segera memulai kuliahnya pada tahun akademik 2019/2020.
Sebagai bagian dari sistem pendidikan kepoliteknikan, Program Studi Perencanaan Pariwisata mengaplikasikan ilmu pengetahuan bidang perencanaan pariwisata (tourism business planning) dalam realitas industrialisasi pariwisata. Program studi sejenis yang cukup banyak bermunculan selama ini di Bali maupun luar Bali adalah “program studi pariwisata” yang berkarakter akademik-keilmuan sebagaimana terdapat di sejumlah universitas, institut, dan sekolah tinggi. Tidak mengherankan fakta menunjukkan, kebanyakan posisi tinggi dan strategis industri pariwisata saat ini disesaki lulusan perguruan tinggi akademis-keilmuan. Kurikulumnya dikonstruksi secara praktis dan berpusat pada masalah-masalah nyata (problem-based learning) dalam bisnis kepariwisataan.
Keunggulan program studi ke-16 PNB ini adalah, lulusannya menguasai strategi-strategi perencanaan bidang perhotelan dan hospitalitas, perjalanan dan transportasi, destinasi dan atraksi, serta MICE dan event baik lokal, nasional, dan internasional yang dianalisis dan dikritisi untuk diaplikasikan secara adaptif pada model projek bisnis, manajemen produk, dan keahlian spesifik yang dipilih saat kuliah.
Ditemui di ruangnya pada Jumat 25 Januari 2019, dengan menunjukkan SK yang baru diterimanya di Jakarta, Direktur Politeknik Negeri Bali I Nyoman Abdi, SE, M.eCom, yang didampingi Wakil Direktur I, A.A. Ngurah Bagus Mulawarman, ST, MT dan Ketua Jurusan Pariwisata I Ketut Suarta, SE, M.Si menyatakan, karena hal ini merupakan kabar menggembirakan bagi perjalanan Politeknik Negeri Bali yang sudah berusia lebih dari tiga dasawarsa, launching PSPP akan segera dilaksanakan secara meriah dalam waktu dekat (IGMudana).

Tags: PNB, Politeknik Negeri Bali, kampus vokasi terdepan

Go to top of page