Call us: 0361-701981 | E-mail: poltek@pnb.ac.id

pnb Terdepan, Profesional, Berdaya Saing Internasional

Program Studi Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Utilitas Mekanikal-Elektrikal (TRU-ME)

Program Pendidikan dengan lulusan multi disiplin sangat dibutuhkan dalam perkembangan industri di era globalisasi dan digitalisasi (Revolusi Industri 4.0). Juga ada kebutuhan yang kuat dari industri terhadap lulusan Perguruan Tinggi khususnya Engineer yang profesional dan multi-skill yang mampu menguasai pengetahuan dan keterampilan pada bidang Mekanikal dan Elektrikal sekaligus.  Prodi S1 Terapan Teknologi Rekayasa Utilitas Mekanikal-Elektrikal (TRU-ME) Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Bali memberikan pengetahuan, keterampilan dan sikap industri yang fundamental untuk memenuhi kebutuhan industri tersebut melalui metode pembelajaran yang unik mencakup: kuliah, praktek Lab/Workshop, seminar, kerja mandiri, dan kerja industri.

Prodi S1 Terapan TRU-ME adalah program studi dengan motto “Sustainability in your Hands” lebih khusus lagi menghasilkan sumber daya manusia profesional, kompetitif dan berwawasan internasional di bidang Utilitas Mekanikal-Elektrikal pada aplikasi Residensial, Komersial, Perhotelan dan Industri.

Lulusan sarjana terapan Prodi TRU-ME atau dalam Bahasa Inggris disebut Mechanical-Electrical Utilities Engineering Technology. Di luar negeri program ini lebih dikenal dengan istilah Mechanical and Electrical Building Services Engineering atau Building Services Engineering. Sehingga lulusan dapat melanjutkan pendidikannya ke berbagai negara di dunia untuk keberlanjutan studinya. Di Politeknik Negeri Bali dalam waktu akan segera dibuka juga S2 Terapan multi-disiplin: “Manajemen Rekayasa MEP dengan Energi Berkelanjutan” (Mechanical, Electrical and Plumbing Engineering Management with Sustainable Energy) yang mencakup disiplin ilmu Manajemen, Mekanikal, Elektrikal, Plumbing (Teknik Sipil) dan Energi berkelanjutan.

BIDANG KAJIAN

  •  Mekanik HVAC (Chiller)
  •  Mesin Pendingin (Cold Storage and Warehouse)
  • Pompa, Kompresor dan Plumbing
  • Elektrikal dan Elektronik Bangunan Gedung
  • Sistem Kontrol dan Otomasi Bangunan Gedung (BACS-Building Automation Control System)
  • Pencahayaan dan Akustik
  • Transportasi Gedung (Lift dan Escalator)
  • Sistem alarm dan pemadam kebakaran (Fire Fighting and Alarm System)
  • Desain dan Inovasi Mekanikal-Elektrikal (EES, Inventor, Auto-CAD, dll)
  • Techno-preneurship dan Etika Profesi
  • Manajemen dan Komunikasi
  • Audit Utilitas Mekanikal-Elektrikal dan Energi

PROFIL LULUSAN

Berbagai peluang kerja lulusan sebagai: Perekayasa (setara insinyur) MEP (Mekanikal, Elektrikal dan Plumbing), Perekayasa Building Utility, Asistant/Chief Engineering, Manager Fasilitas Gedung, Peneliti, Kontraktor/Konsultan MEP, Konsultan Audit Energi dan Techno-preneur.

BIDANG KERJA
Perusahaan Konsultan Mekanikal dan Elektrikal dan Plumbing (MEP); Industri Retail; Supermarket dan Food Preservation;Perhotelan;Rumah Sakit;Perbankan; Gedung Perkantoran (Offices); Gedung Pemerintahan; Industri Pengolahan Pangan; Manufaktur; Industri Farmasi; Kimia, Petrokimia; Pertambangan (Mining); Tekstil; Data Center; Bandar Udara; Green Building; Offices; Bangunan dan Gedung Industri Pariwisata (Perhotelan); Pendidikan dan Penelitian.

Uraian lebih lengkap mengenai program studi Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Utilitas Mekanikal-Elektrikal dapat dilihat pada website Jurusan Teknik Mesin.

Go to top of page