Matrappar Luncurkan 24 Magister Perdana, Seorang Lulus Double Degree di Perancis

Magister Terapan Perencanaan Pariwisata, Jurusan Pariwisata, Politeknik Negeri Bali yang berdiri pada 2018 dan baru memulai kuliahnya pada 2019 berhasil meluluskan 24 mahasiswanya pada tahun ini (2021) guna meraih gelar “M.Tr.Par” (magister terapan pariwisata). Dua puluh empat Matrappers Gen1 ini adalah lulusan perdana magister terapan pariwisata ber-brand Matrappar yang saat ini menjadi leading applied master tourism di Indonesia.

Setelah acara Pelepasan Calon Wisudawan, Ketua Jurusan Pariwisata Prof Ni Made Ernawati MATM, Ph.D, berpose di antara sejumlah lulusan terbaik Matrappar.

Dua puluh tiga dari mereka lulus di Kampus Politeknik Negeri Bali sementara satu lainnya berhasil lulus di University of Angers, Perancis. Upacara pelepasan calon wisudawan berlangsung di Gedung Widya Padma PNB di Bukit Jimbaran sementara mahasiswa double-degree Putu Rian Arde Surya pada saat yang sama lulus ujian di Perancis.

(Mahasiswa Matrappar Gen1 Putu Rian Arde Surya (kiri bawah) saat menghadapi ujian online double-degree pada 15 September 2021. Dua dosen Matrappar, Prof Ernawati dan Dr Suci Murni (kanan bawah dan insert), menguji dari Bali).

          Ketua Jurusan Pariwisata PNB Prof Ni Made Ernawati MATM, Ph.D dalam pidato sambutannya memaparkan, kelulusan Matrappers Gen1 menandai bagusnya proses pembelajaran yang telah berlangsung di Matrappar yang ke depannya harus dipertahankan dan bahkan ditingkatkan. Sesuai harapannya, kurikulum berparadigma problem-based learning yang dijalankan secara nyata didukung kerja sama yang sangat baik dengan industri pariwisata sebagai lahan internship. Sejumlah petinggi industri pariwisata terlibat dalam proses pembelajaran di samping ikut menguji dalam ujian akhir mahasiswa. “Melalui kesempatan ini, Jurusan Pariwisata mengucapkan terima kasih kepada semua industri pariwisata yang telah terlibat. Dan semoga ke depan bisa dihasilkan pola-pola kerja sama yang semakin saling menguntungkan antara Jurusan Pariwisata, Matrappar, dan industri pariwisata”, harapnya mengakhiri sambutan.

          Menurut Ketua Program Studi Matrappar Dr. I Made Darma Oka, SST.Par, M.Par, dengan kelulusan Matrappers Gen1, berarti sampai saat ini Matrappar terhitung sudah memiliki tiga angkatan, yaitu Matrappers Gen1 (Angkatan 2019) yang sudah menjadi lulusan, Matrappers Gen2 (Angkatan 2020), dan Matrappers Gen3 (Angkatan 2021). Matrappers (mahasiswa Matrappar) Gen1 yang sudah lulus, setelah upacara wisuda yang akan berlangsung pada Oktober tahun ini, selanjutnya langsung bergabung dalam organisasi alumni bernama MatraFam (Matrappar Family).

Menurut rencana, di ulang tahun ketiga Matrappar pada 28 Desember 2021, ketiga angkatan tersebut akan dipertemukan dalam satu acara anniversary sekaligus penguatan komunikasi dan sistem informasi antara Prodi Matrappar, mahasiswa, dan lulusan. Acara ini dipastikan berlangsung meriah dan juga strategis mengingat saat ini Matrappar menyongsong pengembangan program studi yang tahun ini juga menjalani kegiatan visitasi akreditasi internasional dan diharapkan segera juga “menghasilkan” program studi baru yakni program doktor terapan pariwisata di tengah persaingan kampus magister pariwisata yang semakin ketat dan di tengah situasi pandemic Covid-19 yang belum tuntas