Magister Terapan Perencanaan Pariwisata - PNB Menerima Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru 2022

Program Studi Perencanaan Pariwisata Program Magister Terapan Jurusan Pariwisata Politeknik Negeri Bali yang kondang disebut Matrappar sejak akhir November 2021 sudah mulai menerima pendaftaran calon mahasiswa baru angkatan 2022/2023. Kelak para mahasiswa yang diterima dijuluki Matrappers Gen4 (mahasiswa Matrappar generasi atau angkatan keempat). Kuliah akan dimulai pada semester ganjil 2022/2023.

Menurut Ketua Jurusan Pariwisata Prof Ni Made Ernawati MATM, Ph.D, pemajuan pendaftaran ini dilakukan mengingat banyaknya calon mahasiswa baru yang sudah menghubungi pihaknya dan mendesak untuk segera dibukakan pendaftaran. Karenanya program studi terkait sudah membuka link pendaftaran di https://bit.ly/matrapparadmissiongen4. Biaya pendaftaran dan SPP masih sama dengan tiga angkatan sebelumnya, yaitu Rp 600.000 dan Rp. 7.500.000. Program ini tetap berlangsung dalam empat semester di mana kuliah teoretisnya hanya berlangsung dua semester. Tidak menutup kemungkinan pendaftaran akan ditutup lebih dini bila jumlah pendaftar membludak. Hal ini karena Prodi yang sudah terakreditasi BAN-PT dan sedang menjalani akreditasi internasional ini secara konsisten menjalankan prinsip “quality first”.

Seperti diketahui, Matrappar dari tahun ke tahun mengalami peningkatan dalam berbagai aspeknya. Sejak dibuka tahun 2019, 50-an calon mahasiswa yang melamar di The School of Managers in Tourism ini terus merangkak naik. Jumlah mahasiswa yang diterima pada tahun terakhir (2021) adalah 36. Mereka berasal dari berbagai daerah, suku, agama, dan kebudayaan di Indonesia. Asal S1/D4-nya pun beragam. Hampir semuanya sudah memiliki bidang pekerjaan di bidang pariwisata. Di antara mereka adalah GM-GM dan direktur industri pariwisata di Bali dan beberapa dari luar Bali.

2022 sendiri merupakan tahun internasionalisasi baik bagi Matrappar dan Jurusan Pariwisata maupun Politeknik Negeri Bali. Pada tahun tersebut, sejumlah mahasiswa double-degree dari Angers University, Perancis, berencana datang untuk kuliah di Kampus Matrappar, sehingga komunikasi pembelajaran akan dilakukan setidaknya bilingual (Inggris-Indonesia). Tentu kurikulum, metodologi pembelajaran, kompetensi pengajar, publikasi jurnal, dan hal-hal terkait lainnya sudah disiapkan sedemikin rupa. Paradigma pendidikan “problem-based learning” merupakan kekuatan program studi ini yang dipadankan dengan persoalan-persoalan masa kini bisnis kepariwisataan global lengkap dengan aspek-aspek pemanfaatan teknologi informasi yang ramah alam, lingkungan, dan ekologi serta ramah manusia sesuai garis green tourism.

Keuntungan bagi calon mahasiswa baru Matrappar sebagai berikut:

  • Kampus berada di tengah-tengah segitiga emas industri pariwisata global Bali: Kuta-Sanur-Nusa Dua
  • Terakreditasi nasional (BAN PT) dan sedang proses akreditasi internasional (AQAS-Eropa)
  • Kurikulum internasional berparadigma problem-based learning dan Merdeka Belajar Kampus Merdeka dengan komunikasi pembelajaran bilingual (Inggris-Indonesia)
  • Mempublikasi quality journals (IJASTE, JASTH, IJOGTRA)
  • 33% dosen tetap guru besar (profesor) plus dosen-dosen industri
  • Menyediakan Double-Degree (program dua gelar magister) dengan Angers University, Perancis (berbahasa Inggris)
  • Menerima calon mahasiswa dari lulusan S1/D4 semua bidang ilmu.

Sila segera mendaftar bila tidak ingin ketinggalan. Pendaftaran dapat dilakukan di: https://bit.ly/matrapparadmissiongen4. Ikuti dinamika perjalanan dunia pendidikan Matrappar di website: matrappar.pnb.ac.id atau Youtube, FB, dan IG matrappar. Pesan Matrappar: “Jadilah pemimpin-pemimpin unggul industri pariwisata yang bisa mengalahkan ketidakpastian masa depan…” [WA. +6281239997510/i gede mudana].