MatraFam, Organisasi Alumni Matrappar Berdiri di Akhir Tahun 2021

Program Studi Perencanaan Pariwisata Program Magister Terapan, Jurusan Pariwisata Politeknik Negeri Bali tahun ini (2021) tercatat meluluskan semua 28 mahasiswanya di mana lima di antaranya tergolong lulusan double-degree (gelar ganda) dengan Angers University, Perancis. Selain memeroleh gelar di Matrappar (M.Tr.Par), para lulusan double-degree memeroleh gelar dari Angers (M.Pro.).

            Bekerja sama dengan perwakilan alumni, di pengujung tahun, 31 Desember, program studi yang kondang dengan brand Matrappar (Magister Terapan Perencanaan Pariwisata) ini mendirikan MatraFam (singkatan Matrappar Family) yakni organisasi alumni atau lulusan Matrappar. Adapun para anggota yang tergabung sejumlah 27 karena seorang alumni telah almarhum. Kebetulan alumni yang sudah tiada tersebut adalah I Nyoman Budi Arma, SE, M.Tr.Par, koordinator tingkat (ketua kelas) mahasiswa Gen1 (generasi pertama) yang menjadi basis keanggotaan pertama MatraFam. Hadir dalam rapat yang diselenggarakan di Widyawisata Room ini Ketua dan Sekretaris Jurusan Pariwisata Prof Ni Made Ernawati, MATM, Ph.D dan Dr Gede Ginaya, M.Si; Kaprodi Matrappar Dr I Made Darma Oka, SST.Par, M.Par; dosen Matrappar Dr I Gede Mudana, M.Si serta sejumlah lulusan yang mewakili seluruh lulusan Matrappar.

            Secara struktural-keorganisasian, MatraFam tidaklah eksklusif karena dengan sendirinya ia merupakan bagian dari IKA Par (Ikatan Alumni Jurusan Pariwisata) Politeknik Negeri Bali yang dengan demikian juga di bawah IKA PNB (Politeknik Negeri Bali). Namun demikian, kekhususan-kekhususan yang dimiliki para anggotanya menyebabkan harus dibentuk organisasi ini dalam rangka ikut mempromosikan dan mengembangkan lembaga Politeknik Negeri Bali, khususnya Matrappar, di samping membantu penyaluran-penyaluran kebutuhan training mahasiswa program diploma karena sebagian anggota MatraFam adalah pemimpin-pemimpin di industri pariwisata. 

Terpilih sebagai ketua umum adalah I Nyoman Bibit Bintang Bithara, SST.Par, M.Tr.Par; wakil ketua umum I Nyoman Purna Wirananta SST.Par, M.Tr.Par, dan sekretaris Ni Wayan Budi Purnama Dewi, SE, M.Tr.Par. Kepengurusan selengkapnya akan diumumkan di awal tahun depan sekaligus sosialisasi MatraFam ke publik di salah restoran baru milik anggota MatraFam [anadum].