Melampaui Batas Diri, Mahasiswa Politeknik Negeri Bali Buktikan Prestasinya Di Masa Pandemi Covid-1

Pandemi Covid-19 yang telah berlangsung selama lebih dari 2 tahun tidak menyurutkan semangat mahasiswa untuk terus meraih prestasi. Setelah sempat vakum selama 1 tahun, berbagai lomba berskala nasional, hingga internasional akhirnya dapat terlaksana di tahun 2021. 

Masa vakum yang panjang ini tidak menjadi penghalang kepak sayap prestasi mahasiswa. Segudang prestasi berhasil dipanen di tahun 2021 ini, nama Politeknik Negeri Bali pun sering bertengger di jajaran kampus berprestasi. 

Pencapaian yang hebat ini menjadi cambuk  semangat mahasiswa untuk terus menorehkan prestasi gemilang di tahun mendatang. Berikut kami sajikan beberapa prestasi terbaru mahasiswa Politeknik Negeri Bali. 

  • Juara 3 PON Papua 2021

Pekan Olahraga Nasional (PON) 2021 diselenggarakan di Kabupaten Timika Papua oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI). Kejuaraan ini mempertandingkan 37 cabang olahraga, yang meliputi 56 disiplin olahraga dengan 679 nomor pertandingan dan diikuti sekitar 10.000 atlet dan official dari 34 provinsi. 

Dalam kejuaraan ini, Kadek Krisna Dewi yang merupakan mahasiswa Jurusan Teknik Sipil Program Studi D4 Manajemen Proyek Konstruksi berhasil membawa pulang Juara 3 dalam cabang olahraga tarung derajat kelas tarung bebas putri 62,1-66 KG. Hal ini berhasil dilaluinya setelah menjalani masa pelatihan sekitar 2 tahun. Berbekal semangat dan rasa keinginan untuk menjadikan hobi yang dimilikinya juga memiliki manfaat secara finansial. Ia berhasil membuktikan diri dengan berada di kejuaraan nasional tertinggi ini. 

  • The Japan Festival of Udayana (D’JaFU) 10th 

Merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Sastra Jepang Universitas Udayana. D’JaFU ke-10 ini mengusung tema Bouken ni Michita Monogatari “Go on your journey, make your own story”. Lomba ini dilaksanakan pada tanggal 11-12 Desember 2021 secara hybrid (online dan offline). Cabang perlombaan dalam acara ini antara lain: haiku, storytelling, fan art, cosplay, Japan cover dance, Japan cover song, dan lain sebagainya. 

Pada acara ini, mahasiswa Politeknik Negeri Bali berhasil menjuarai 2 cabang perlombaan, antara lain:

  • Juara 1 Lomba Fan Art Competition

Fun art competition merupakan lomba menggambar karakter animasi yang berhasil dimenangkan oleh I Ketut Digra Suputra yang merupakan mahasiswa Jurusan Teknik Sipil Program Studi D3 Teknik Sipil. Berlandaskan keinginan yang besar untuk menjadi juara dan persiapan yang matang membuat ia dapat berada pada posisi tersebut.

  • Juara 1 Haiku Competition

Haiku competition merupakan lomba membuat puisi 3 baris dalam Bahasa Jepang. Setelah sempat gagal di tahun sebelumnya, Ni Made Seriasih mahasiswa Jurusan Pariwisata Program Studi D3 Perhotelan berhasil membuktikan kemampuan dirinya untuk menduduki posisi pertama dalam perlombaan ini. Kunci kesuksesan yang ia yakini adalah kegigihan, jangan pernah menyerah ketika mengalami kegagalan, karena kegagalan merupakan bagian dari kesuksesan. 

  • Juara 2 Piala Presiden Esports 2021

Piala Presiden Esports 2021 merupakan kejuaraan olahraga elektronik terbesar di Indonesia. Diselenggarakan oleh Kincirdotcom dan Iespl, dengan cabang lomba yang dipertandingkan antara lain: mobile legends, PUBG mobile, free fire, lokapala, e-football PES, MPL-speed chess dan battle of satria dewa. Jumlah peserta dalam pertandingan ini mencapai sekitar 120.000 atlet dari seluruh Indonesia. 

I Kadek Arya Wiratama mahasiswa Jurusan Teknik Sipil Program Studi D4 Manajemen Proyek Konstruksi bersama timnya berhasil menjadi Juara 2 dalam cabang lomba lokapala. Kunci kesuksesannya dalam kejuaraan ini adalah kebersamaan. Bekerja bersama tim, saling support akan mengantarkan kita untuk mencapai tujuan bersama, yaitu kemenangan. 

  • Juara 1 UDG XIV

Utsawa Dharma Gita (UDG) merupakan lomba keagamaan dan sekaligus festival keberagaman budaya yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia. Lomba ini diikuti oleh masing-masing daerah di Indonesia dan dilaksanakan secara semi virtual, dengan metode tapping video yang dilakukan di daerah masing-masing. 

Dalam acara ini, Ni Komang Ayu Ratih Angga Putri perwakilan dari daerah Bali, sekaligus mahasiswa Politeknik Negeri Bali Jurusan Administrasi Niaga Program Studi D4 Manajemen Bisnis Internasional berhasil menempati posisi pertama dalam cabang lomba membaca kakawin remaja putri. Tujuannya mengikuti perlombaan ini adalah untuk melestarikan budaya Bali, terutama di nyanyian keagamaan yang kini dirasa sudah menurun eksistensinya di kalangan generasi muda. 

  • Gold Medal in I2ASPO 2021

Indonesia International Applied Science Project Olympiad (I2ASPO) 2021 merupakan perlombaan yang diselenggarakan oleh Indonesian Young Scientist Association (IYSA) bekerjasama dengan Fakultas Sains dan Analisis Data (FSAD) Institut Sepuluh November, dengan tujuan untuk mengajak siswa SD, SMP, SMA dan perguruan tinggi untuk berkontribusi menghasilkan produk yang dapat bermanfaat bagi masyarakat luas, serta menjadi individu yang lebih peka terhadap permasalahan di lingkungan masing-masing dan kemudian mencari solusinya. 

Diadakan secara online dan offline di Surabaya dengan jumlah peserta mencapai 269 orang yang berasal dari 14 negara. Terdapat beberapa kategori yang diperlombakan, salah satunya adalah entrepreneurship. Ni Komang Ayu Tri Purnami mahasiswa Jurusan Akuntansi Program Studi D4 Akuntansi Manajerial berhasil menyabet medali emas dalam kategori perlombaan ini. Termotivasi untuk memanfaatkan segala potensi yang dimiliki oleh dirinya, bekerja keras, konsisten dan focus merupakan kunci keberhasilannya. 

“Jika tahun lalu adalah pengalaman, tahun sekarang adalah perjuangan, maka tahun depan adalah harapan”